Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Kepada Karyawan

Selama pandemi Covid-19 ini, banyak sekali para pekerja yang kena PHK oleh perusahaan yang diikutinya. Bagi Anda yang merupakan pengelola suatu perusahaan pastinya tidak ingin para karyawan kehilangan pekerjaan hanya dikarenakan adanya pandemi ini. Namun apa boleh buat, semua itu demi pemasukan dan pengeluaran perusahaan agar tetap stabil. Nah, bagi Anda semuanya yang masih baru dalam hal ini, maka mesti mengetahui contoh surat untuk PHK karyawan dengan cara baik.

www.suratresmi.net

Sebenarnya, pemutusan hubungan kerja untuk karyawan ini tidak hanya pada pandemi corona seperti sekarang ini. Namun dari dulu sudah ada dan banyak juga alasan untuk memberhentikan karyawannya. Sebagai contohnya saja adalah karyawan itu tidak bekerja dengan baik, seperti sering bolos, tidak pernah mencapai target dan hal kurang baik lainnya. Maka dari itu, sebagai pengelola badan usaha yang profesional tidak boleh mengeluarkannya begitu saja tanpa ada surat. Meskipun seorang pekerja itu sudah melakukan hal – hal buruk pada perusahaan Anda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa surat PHK ini bisa dilakukan dengan hormat dan tidak. Namun yang terpenting adalah membuat surat atas keputusan tersebut. Bilamana perusahaan ingin melakukan pengurangan pekerja dikarenakan agak bangkrut, maka Anda harus membuatnya dengan hormat sesuai contoh surat yang resmi. Dan juga mesti mencantumkan kalimat penyesalan serta alasan kenapa ia dikeluarkan. Namun jika pemecatan tersebut muncul dari perbuatan si karyawan itu sendiri, maka Anda bisa membuat singkat saja dan menjelaskan apa yang terjadi.

Biasanya juga surat pemberhentian kerja ini hanya untuk sementara saja. Hal itu biasanya terjadi pada perusahaan yang mengalami penurunan pemasukan, sehingga belum mampu membayar gaji karyawan. Jika sementara, maka informasikan kepada karyawan tersebut bahwa akan ada panggilan kerja kembali jika perusahaan sudah mulai pulih. Dalam panggilan kerja tersebut juga diperlukan suatu surat yang resmi. Jadi disini masih ada aturannya, sebab kalau hanya melalui telepon atau pesan SMS tidak akan memberikan bukti yang valid jika terjadi apa-apa. Terlebih lagi kalau karyawan Anda itu sudah memiliki pangkat di perusahaan, maka harus ada surat untuk pemanggilan kerja kembali.

Adanya surat tersebut juga bakal menunjukkan bahwa perusahaan Anda terlihat profesional dalam segala hal. Untuk lebih jelasnya agar Anda bisa melihat contoh surat PHK tersebut, bisa  langsung akses https://www.suratresmi.net/ untuk menduplikat formatnya. Kemudian tinggal merubah data nama dan keterangan yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *